Pembukaan Tahapan PPDB SMAN 2 Palembang Berjalan Tanpa Hambatan

oleh -28 views

Palembang, corongnews.com –

 

Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB di SMAN 2 Palembang telah berjalan. Ada tiga tahapan atau jalur bagi para calon siswa-siswi untuk mendaftar di sekolah tersebut. Jalur pertama melalui jalur Afirmasi dan mutasi orang tua, kemudian jalur zonasi serta jalur tes mandiri/tes potensi akademik.

Jalur pertama dan kedua telah dilaksanakan, untuk jalur ketiga akan dilakukan pembukaannya pada tanggal 09-13 Juni mendatang.

Hal ini sesuai dengan yang dikatakan oleh Kepala Sekolah SMAN 2 Palembang, melalui Bidang Humas, Sabar Sihombing, saat diwawancarai wartawan pada Senin 06/06/22 diruang kerjannya mengatakan bahwa proses PPDB itu sesuai dengan aturan yang dikeluarkan kementerian dengan turunnya juknis dari Dinas Pendidikan Sumsel. Adapun jalur yang akan ditempuh seperti jalur Afirmasi dan mutasi orang tua, kemudian jalur zonasi serta tes potensi akademik.

“ada jalur afirmasi, mutasi orang tua, jalur zonasi dan potensi akademik. Baru-baru ini sudah selesai jalur zonasi atau jarak disekitar sekolah. Tanggal 09-13 nanti akan dibuka jalur tes mandiri. Untuk kuota peserta didik nanti telah disesuaikan dengan jumlah kuota yang telah kita laporkan ke dinas”, ujar Sabar Sihombing.

Ditanya terkait banyaknya minta siswa-siswi yang mendaftar serta banyaknya lulusan atau alumni dari SMAN 2 Palembang yang telah melahirkan orang-orang penting baik di tingkat nasional maupun lokal, Sabar Sihombing mengatakan bahwa SMAN 2 pasti baik itu karena dalam kota dan dekat dengan akses jalan, karena dimana-mana anak atau orang tua menyekolahkan anak mudah terjangkau. Ditambah lagi sekolah kita tidak ada komite, jadi banyak yang sekolah kesini.

Untuk mengetahui segala bentuk informasi terkait sekolah SMAN 2 Palembang, Sabar Sihombing menuturkan bahwa pihaknya menggunakan pola sosialisasi dalam bentuk spanduk dan untuk lebih lanjut bisa melihat web sekolahan.

“penting kita bikin sosialilasi lewat spanduk, jika untuk bertanya lebih lanjut bisa cek di web kita. Kita tidak ada himbauan-himbauan, setiap tahun kita lakukan seperti itu, untuk sosialisasi tetap kita pakai web”, ujarnya.

Untuk pelajaran ekstrakurikuler di SMAN 2 Palembang, Sabar Sihombing menambahkan bahwa ada sekitar 30 ekstrakurikuler yang banyak diminati siswa.

“ekskul kita banyak ada sekitar 30 ekstrakurikuler yang diminati, dan itu tergantung siswa, mereka minat dimana. Ada olah raga seperti basket yang baru-baru ini kita juara 2 dan olah raga yang paling banyak diminati serta mereka kan baca atau mendengar berita kalau SMAN 2 ini jago basket pernah juara pada liga basket pelajar waktu itu dan baru-baru ini juara juga. Ada juga ekskul paskibraka serta ekskul kit yang kemarin masuk 35 besar untuk inovasi se Sumatera Selatan”, tambahnya.

Selain itu, dalam hal PPDB ini, dirinya berharap sesuai dengan juknis dan sesuai dengan perintah, berharap dan ingin mendapatkan bibit-bibit siswa yang baik tanpa harus ada tekanan-tekanan dari pihak manapun. (afan)