Yan Coga Bangga Dapat Penghargaan Pancawarsa di HUT Pramuka ke 61Th

oleh -296 views
oleh

Palembang,corongnews.com –

 

Hari Ulang Tahun Pramuka yang Ke 61Th berlangsung di Pelataran Danau Ranau tepatnya di Desa Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Gubernur Sumatra Selatan, H. Herman Deru selaku Kamabida Sumsel bertindak sebagai pembina upacara pada acara tersebut.

Kegiatan yang dirangkai dengan penyerahan penghargaan dari Ketua Kwarnas, Budi Waseso, yakni berupa penghargaan seperti Dharma Bakti, Karya Bakti dan Panca Warsa yang disematkan oleh Gubernur dan di dampingi kwarda Sumsel.

Yan hariranto atau yang biasa di sapa Yan Coga yang merupakan salah satu tokoh pemuda pergerakan di Sumsel turut juga menerima penghargaan tersebut. Yan Coga mengatakan, kegiatan Pramuka berperan penting dalam membentuk karakter kaum muda agar dapat melanjutkan kepemimpinan dimasa yang akan datang. Penghargaan atas pengabdian, dedikasi, loyalitas dan dukungan yang besar terhadap gerakan Pramuka tersebut diberikan pada upacara peringatan dan ulang janji Hari Pramuka ke 61 tahun 2022.

Yan Coga juga turut mengaku bangga mendapatkan penghargaan Pancawarsa ini dan mengatakan sudah menjadi kewajiban dirinya untuk memberikan dukungan dan perhatian terhadap Gerakan Pramuka yang merupakan wadah bernaungnya para Kaum muda untuk melakukan berbagai kegiatan yang positif, dan kawah candra dimuka bagi pembentukan watak dan kepribadian para calon pemimpin.

“semoga dengan penghargaan Pancawarsa ini akan semakin memotivasi saya untuk berbuat lebih banyak dalam memberikan dukungan terhadap gerakan pramuka,” imbuhnya.

Yan Coga juga meyakini bahwa dengan aktif mengikuti kegiatan kepramukaan diharapkan dapat menghindari generasi muda dari penyakit sosial dimasyarakat seperti pemakaian narkoba atau NAPZA yakni narkotika, psikotropika dan zat adiktif, kekerasan dan kriminalitas serta rendahnya rasa nasionalisme dan kebangsaan.

Dijelaskan oleh Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dengan menyampaikan bahwa tahun ini merupakan HUT ke-61 Gerakan Pramuka dan ke 110 Tahun keberadaan gerakan Kepanduan Dunia di Bumi Indonesia serta Kegiatan hari ini merupakan upaya memajukan dan mengembangkan gerakan Pramuka di Sumsel. Dengan Tema” Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

“jadi pengabdian yang kita lakukan merupakan bagian dari pendidikan di Pramuka. Mulai dari tingkat siaga telah dididik agar siap membantu dan November 2022 mendatang, Sumsel akan menjadi Tuan Rumah Perkemahan Bhakti Saka Bhayangkara Nasional (Pertikaranas) 2022”, ujar Gubernur.

H.Herman Deru meminta tidak hanya sukses sebagai tuan rumah tapi juga sebagai penyelenggara Pramuka merupakan Investasi Daerah dalam meningkatkan SDM untuk memupuk semangat cinta tanah air mewujudkan SDM yang berkarakter dalam membangun daerah dan Kepada Pemerintah daerah agar tetap membantu baik materi maupun moril dalam setiap kegiatan untuk memajukan gerakan Pramuka di daerah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Sumsel, H. Riza Pahlevi turut menjelaskan bahwa upacara hari ini dilaksanakan sebagai Puncak HUT ke-61 dan di setiap daerah telah dilaksanakan berbagai rangkaian kegiatan seperti lomba kepramukaan, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, kegiatan bakti ke masyarakat dan kegiatan pelestarian lingkungan. (afan)

No More Posts Available.

No more pages to load.