Rekor Muri di Kabupaten Musi Rawas Utara

oleh -211 views
oleh

Muratara, corongnews.com –

 

“Saya sangat apresiasi bupati Muratara dan jajaran serta masyarakatnya yang bersinergi dalam membuat even. Bahkan Festival Kuliner Sedekah Ramo ini mendapat rekor MURI sebagai nasi punjung terbanyak. Tentu ini membuat kita bangga. Ini jadi ajang kita mempertahankan kearifan lokal,” kata Herman Deru.

Hal ini disampaikan pada Festival Sedekah Ramo Nasi Punjung Ayam Terjun di Kabupaten Muratara, di Danau Rayo, Rabu (24/8).

“Saya sangat apresiasi bupati Muratara dan jajaran serta masyarakatnya yang bersinergi dalam membuat event. Bahkan Festival Kuliner Sedekah Ramo ini mendapat rekor MURI sebagai nasi punjung terbanyak. Tentu ini membuat kita bangga. Ini jadi ajang kita mempertahankan kearifan lokal,” kata Gubernur Sumsel.

Diketahui, festival tahun ini terasa lebih meriah dari tahun tahun sebelumnya. Bahkan, nasi punjung ayam terjun yang disajikan sangat banyak sehingga masuk berhasil dicatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Nasi punjung merupakan nasi kuning yang dilengkapi lauk pauk. Yang membuat berbeda, nasi punjung tersebut disajikan bersama dengan satu ekor ayam yang dimasak menggunakan santan.

Sedekah ramo merupakan tradisi unik masyarakat Kabupaten Muratara yang telah lama dilakukan secara turun temurun. Sedekah ramo juga merupakan rangkaian dari Festival Danau Rayo sekaligus juga sebagai ajang memeriahkan HUT ke 77 RI.

Sebelumnya, Gubernur Herman Deru memang terus mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam mempertahankan kearifan lokal yang ada di Sumsel. Bahkan hal itu juga telah dituangkan Herman Deru di dalam Peraturan Gubernur.

Sementara itu, Bupati Muratara Devi Suhartoni mengatakan, pihaknya juga terus konsisten terhadap kearifan lokal.

“Sebab itulah, kita terus upayakan agar tradisi budaya ini terus hidup melalui festival budaya,” katanya. (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.