Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban

oleh -70 views
Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Kuansing-Riau
CorongNews – Ada banyak obyek wisata air terjun di Riau, salah satunya yang terkenal adalah Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban. Air terjun ini mengalir ke Sungai Kuantan yang membelah Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.
Air Terjun ini diberi nama Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh.
Ketinggian air terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatannya, untuk air terjun tingkat pertama dan keempat mencapai ketinggian antara 5-15 meter. Bahkan pada tingkat ke enam mencapai ketinggian sekitar 30 m lebih. Air terjun ini mengalir ke Sungai Kuantan yang membelah kabupaten Kuantan Singingi, Riau.
Perjalanan yang ditempuh menuju lokasi memberi kesan tersendiri bagi para pengunjung. Di sebelah kanan dan kiri terdapat pemandangan alam yang sangat indah, bukit-bukit terjal dan hutan lindung yang masih asli. Selain itu, di sepanjang jalan, pengunjung dapat menyaksikan kera, burung dan binatang hutan lainnya yang hidup bebas di alam.
Berjarak sekitar 37 Km dari ibukota kabupaten, Teluk Kuantan, air terjun terletak di Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Propinsi Riau, untuk sampai ke lokasi air terjun ini dapat ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi dari Teluk Kuantan menuju kecamatan Hulu Kuantan.
Selepas kota Lubuk Jambi ibukota Kecamatan Kuantan Mudik (22 Km dari Teluk Kuantan) akan dijumpai persimpangan jalan, bila ke kiri akan menuju Kiliran Jao, dimana air terjun Guruh Gemurai berada. Sedangkan bila mengambil arajh ke kanan sejauh 11 Km akan sampai ke Kota Lubuk Ambacang Ibukota Kecamatan Hulu Kuantan. Waktu tempuh dari Lubuk Jambi menuju Desa Lubuk Ambacang adalah sekitar 20 menit berkendara dengan kondisi jalan beraspal.
Bisa juga masuk dari Desa Jake, simpang pos polisi ke Desa Serosah, Mudiak Ulo hingga ke Desa Koto Kombu melalui jalan tanah dengan waktu tempuh kendaraan sekitar 40 menit. Menjelang ke Desa Lubuk Ambacang, dari Koto Kombu kita melewati jembatan beton yang membentang di atas Sungai Batang Kuantan.
Perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan boat atau sampan bermesin (pompom) sejauh 4 km melalui aliran sungai ke bagian hulu dengan waktu tempuh sekitar 15 menit. Boat ini dapat ditemui di bawah sekitar jembatan atau pun di Pasar Lubuk Ambacang dengan harga sewa Rp150 ribu. Setelah melewati bukit dengan kemiringan antara 45 derajat hingga 70 derajat dan Pulau Tempurung (bentuknya melengkung seperti tempurung) akhirnya sampailah ke lokasi Air Terjun Tujuh Tingkat Batang koban.
Dari dermaga (setelah boat ditambatkan), air terjun tingkat pertama sudah dapat terlihat dan terdengar gemuruh air yang mengalir dari muara sungai. Jika ingin menuju ke tingkat berikutnya (hingga tingkat ke empat) harus menyusuri tebing-tebing terjal melalui tangga beton di antara pohon-pohon yang masih asri.
Sedangkan untuk menuju ke tingkat ke tujuh dari tingkat ke empat harus menempuh medan yang lebih berat bahkan dengan bergantungan di antara akar-akar pohon, hal ini cukup menguras tenaga.
Jarak antar air terjun ini berkisar antara 50-100 meter. Pada tingkat ke enam akan dijumpai air terjun dengan ketinggian 30 m lebih. Yang sungguh menakjubkan, di kolam air terjun ini tergambar dua lapis pelangi, hasil bias cahaya matahari dari percikan air terjun yang menghasilkan hembusan angin kencang. Dan apabila sampai ke tingkat terakhir (ke tujuh) dari atas ketinggian, bila melihat ke bawah, di kolam air terjun ke tujuh ini akan terlihat pelangi yang membentang dengan bentuk melingkar.

No More Posts Available.

No more pages to load.