Idul Adha 1445 H, UIN Raden Fatah Palembang Kurban 9 Sapi dan 2 Kambing

oleh -93 views
oleh

CorongNews.com –  Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang berkurban 9 sapi dan 2 kambing pada Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah / 2024 Masehi.

Rektor UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M. Si, bersama pimpinan lainnya yaitu para Wakil Rektor, Biro AUPK dan para Dekan turut menyaksikan secara langsung proses pemotongan hewan kurban Idul Adha 1445 Hijriah yang dilaksanakan di lapangan Kampus Sudirman UIN Raden Fatah Palembang.

Dalam sambutannya, Rektor UIN Raden Fatah menegaskan akan pentingnya makna dari ibadah kurban pada Idul Adha untuk membentuk keikhlasan dan kepedulian terhadap sesama.

“Berkurban merupakan salah satu cara mendekatkan diri kepada Allah SWT. Ibadah kurban adalah wujud syukur atas nikmat yang diberikan Allah kepada setiap manusia,” ujar Prof. Nyayu, Selasa (18/6/24)

Lebih lanjut, Rektor mengatakan, ibadah kurban mengajarkan akan keikhlasan yaitu membebaskan diri dari rasa kepemilikan terhadap apa saja, esensi dari apa yang kita dapatkan adalah hanya sebuah titipan, bukanlah hak milik.

“Kesadaran seperti itulah yang sesungguhnya ingin Allah tanamkan dalam syariat berkurban, agar kita bisa mencapai kesempurnaan dalam mendekatkan diri kepada-Nya, maka harus terbebas dari rasa kepemilikan yang disimbolkan dengan menyembelih hewan kurban dengan patuh dan tunduk secara lahir dan batin hanya untuk perintah Allah SWT,” tegasnya.

Nyayu Khodijah juga mengatakan, dengan adanya kegiatan pemotongan hewan kurban ini, tidak hanya menunjukkan komitmen UIN Raden Fatah dalam menjalankan nilai-nilai keagamaan, tetapi juga memperkuat peran sosial di tengah masyarakat.

“Semoga pemotongan hewan kurban hari ini dapat memacu kita untuk terus berbuat kebaikan serta meningkatkan rasa kebersamaan dan juga semua daging dapat didistribusikan sampai ke tujuan masyarakat yang berhak menerimanya,” imbaunya.

Sementara itu, Dr. Kun Budianto, S. Ag., M.Si. selaku ketua panita kurban melaporkan bahwa pada Idul Adha tahun ini, UIN Raden Fatah Palembang berkurban sebanyak 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang terdiri dari 6 sapi dari lingkungan UIN Raden Fatah Palembang, 3 sapi dari pihak luar yakni dari PT. Telemedia Dinamika Sarana (Gasnet), Bank Syariah Indonesia (BSI), Bank Cimb Niaga dan 2 ekor kambing yaitu 1 ekor kambing dari Bank Muamalat dan 1 ekor kambing dari Bank Sumsel Babel.

“Pada hari ini UIN Raden Fatah akan melakukan pemotongan hewan kurban sebanyak 9 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Adapun panitia kurban merupakan karyawan dari UIN Raden Fatah Palembang, panitia juga telah menyiapkan kurang lebih 700 kupon yang telah diberikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan dan berhak menerimanya,” jelasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.