Amalkan Nilai-Nilai Pancasila, UIN Raden Fatah Gelar Apel Hari Lahir Pancasila 2024

oleh -120 views
oleh

CorongNews.com – Civitas Akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang laksanakan apel peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila 2024 di halaman rektorat, Sabtu (1/6/2024).

Peringatan Harlah Pancasila ini ditetapkan berdasarkan momentum penyampaian gagasan mengenai dasar negara di hadapan para anggota Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI) oleh Ir. Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Sejak saat itulah Indonesia memperingati Harlah Pancasila setiap tanggal 1 Juni.

Peringatan Harlah Tahun 2024 ini mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. “Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hamidah, M.Ag., bertugas sebagai Inspektur apel membacakan amanat dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D.

Dalam amanatnya, Prof. Yudian mengajak komponen bangsa membumikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

”Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ujarnya.

Lebih lanjut, Dr. Hamidah juga menyampaikan pidato tersebut dengan tegas bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, kita harus yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi.

“Di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” ungkapnya.

Melalui momentum Hari Lahir Pancasila 2024 ini, Wakil Rektor III melalui pidato BPIP juga mengajak untuk bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.