UIN Raden Fatah Jadi Tuan Rumah Seleksi Terbuka JPT Pratama Kemenag RI

oleh -117 views
oleh

CorongNews.com – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Kementerian Agama tahun 2024.

Setelah ditetapkan lolos seleksi berkas, sebanyak 45 peserta calon Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama atau setingkat Eselon II Kementerian Agama mengikuti seleksi lanjutan berupa penulisan makalah dan asesmen kompetensi dalam rangka tahapan seleksi terbuka Calon Pejabat Perguruan Tinggi Pratama Kementerian Agama tahun 2024.

Kegiatan berlangsung dari tanggal 4 – 6 Juni 2024, pelaksanaan penulisan makalah diselenggarakan pada tanggal 4 Juni 2024 dan asesmen kompetensi pada tanggal 5 – 6 Juni 2024. Pembukaan kegiatan ini berlangsung di Auditorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Kampus Jakabaring UIN Raden Fatah Palembang.

Adapun Jumlah JPT yang diisi dengan metode seleksi terbuka sebanyak 5 jabatan antara lain Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren, Kepala Kantor Wilayah Povinsi Riau, Kepala Kantor Wilayah Bangka Belitung dan Kepala Kantor Wilayah Jawa Timur.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI, Prof. Dr. Ali Ramdhani, S.TP., M.T, melalui video virtual membuka kegiatan ini dan mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah lolos pemberkasan ataupun seleksi administrasi. Ali Ramdhani juga mengatakan bahwa melalui seleksi terbuka JPT pratama ini merupakan upaya untuk membuka ruang pengabdian yang lebih luas, sesuai dengan UU No 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 11 tahun 2017 yang diubah menjadi PP Nomor 17 tahun 2020 tentang Manajaemen PNS, serta PermenPANRB Nomor 15 tahun 2019 tentang pengisian Jabatan Tinggi secara terbuka.

“Seleksi calon Jabatan Pimpinan Tinggi diselenggarakan secara terbuka dan juga kompetitif, guna menghasilkan pejabat pimpinan tinggi yang berintegritas dan juga profesional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sekjen Kemenag RI mengatakan bahwa tahapan yang sedang dilaksanakan berupa penulisan makalah dan asesmen kompetensi ini dimaksudkan untuk melihat kompetensi teknis, manajerial, sosial dan kultural para peserta calon JPT Pratama Kemenag RI.

“Dalam tahapan ini peserta diminta untuk menyusun dan menguraikan ide-ide inovatif yang mampu untuk mendukung visi misi Kementerian Agama dan mengeluarkan gagasan-gagasan terbaiknya untuk kemajuan Kementerian Agama, serta meningkatkan transformasi Kemenag RI menuju Indonesia Emas 2045,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor III UIN Raden Fatah Palembang, Dr. Hamidah, M.Ag, mengucapkan selamat datang dan selamat kepada 45 peserta yang lolos dalam seleksi administrasi seleksi terbuka calon Pejabat Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama.

Wakil Rektor III juga mengatakan bahwa ini adalah suatu kehormatan bagi UIN Raden Fatah Palembang dapat terpilih menjadi tuan rumah penyelenggara seleksi terbuka JPT Pratama Kemenag RI.

“Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada UIN Raden Fatah Palembang sebagai tuan rumah pelaksanaan seleksi terbuka JPT Pratama Kemenag RI. Semoga peserta dapat mendapatkan hasil yang maksimal dan bisa membangun Kementerian Agama lebih baik lagi ke depannya,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini juga melalui video virtual, Kepala Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Agama RI, Dr. H Wawan Djunaedi, M.A menekankan kepada peserta untuk memaksimalkan kesempatan sebaik mungkin dan memaksimalkan program-program ke depannya demi kemajuan Kementerian Agama RI.

“Maksimalkan kesempatan sebaik mungkin, maksimalkan program-program yang akan dilakukan kedepannya, sehingga proses penulisan makalah dan asesmen kompetensi dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,”pungkasnya.

Dalam pelaksanaan seleksi terbuka JPT Pratama tahun 2024 ini juga turut hadir tim Inspekrorat Jenderal Kementerian Agama, Panitia Seleksi Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kemenag dan Panitia dari UIN Raden Fatah Palembang.

No More Posts Available.

No more pages to load.