Sidang Kelulusan SPAN PTKIN Berlangsung, Hasilnya Segera Diumumkan Panitia

oleh -190 views
oleh

CorongNews.com – Dihadiri pimpinan PTKIN seluruh Indonesia, Panitia Nasional PMB-PTKIN melaksanakan sidang kelulusan SPAN- PTKIN 2024 di Novotel Jakarta Mangga Dua Square, Jum’at (29/03/24).

Hasil sidang kelulusan akan diumumkan pada hari Selasa, (2/04/24) pukul 14.00 WIB.

Sidang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI, Prof. Dr. Ali Ramdhani, STP., M.T, turut hadir juga, PLT Dirjen Pendis Kemenag RI, Prof. DR. Abu Rokhmad, M.Ag, Direktur Pendidikan Keagamaan Islam, Prof. Dr. Ahmad Zainul Hamdi, M.Ag, Ketua Forum Pimpinan PTKI, Prof. Dr. TGH Masnun Tahir, M.Ag, Ketua Panitia Nasional PMB PTKIN, Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S.Ag., M.Si.

Dalam sambutannya Kang Dhani menekankan kepada Panitia Nasional untuk menyusun langkah-langkah strategis-inovatif guna merangkul calon mahasiswa yang berkualitas.

“Seperti yang dilakukan oleh beberapa kampus ternama di Amerika yang membentuk asosiasi Ivy League. Alhasil mereka terkenal dengan kampus yang berhasil memadukan nilai akademis dan olah raga”.

Melanjutkan hal tersebut Abu Rokhmad berpendapat bahwa untuk membangun pendidikan keagamaan yang berkualitas perlu adanya kolaborasi antar pimpinan PTKIN.

“Kita akan agendakan rembuk Rektor secara nasional untuk bersama-sama membangun pendidikan keagamaan yang berkualitas di Indonesia”.

Selaku ketua panitia nasional PMB PTKIN, Nyayu Khadijah melaporkan bahwa terdapat enam inovasi baru yang dilaksanakan panitia nasional dalam proses seleksi SPAN PTKIN 2024. Diantaranya sebagai berikut:
1.Kewenangan kelulusan dikembalikan kepada masing-masing kampus,
2.Penggunaan Bot helpdesk
3.Pengembangan aplikasi SPAN PTKIN berbasis android,
4.Reformulasi sistem skoring,
5.Melibatkan kepala bidang Penma dan PD Pontren dalam sosialisasi SPAN PTKIN,
6.Peningkatan mutu seleksi melalui audit internal.

“Alhamdulillah atas kolaborasi panitia dengan para Kabid Penma dan PD Pontren, tahun ini pendaftar dari madrasah aliyah meningkat dibanding tahun sebelumnya” pungkasnya.

Lebih lanjut Nyayu Khadijah melaporkan bahwa sebelum di tahap ini, terdapat beberapa proses yang dilakukan panitia dalam seleksi SPAN PTKIN, diawali dengan verifikasi nilai rapor dan prestasi yang dilakukan oleh para verifikator dari masing-masing kampus, kemudian dilanjutkan dengan finalisasi verifikasi yang dilakukan secara serentak oleh seluruh PTKIN.

No More Posts Available.

No more pages to load.