Ingin Jadikan UIN RF Berstandar Internasional, Prof Abdullah Idi Kembali Nyalon Rektor

oleh -197 views
oleh

CorongNews.com – UIN Raden Fatah Palembang telah memulai proses penjaringan bakal Calon Rektor untuk periode 2024-2028.

Diketahui, Prof Abdullah Idi kembali mendaftar sebagai salah satu calon Rektor.

“Visi saya menjadikan UIN Raden Fatah Palembang sebagai Universitas berstandar internasional, berwawasan nasional, dan berkarakter Islami,” kata Profesor Abdullah Idi, Kamis (25/4/24).

Lalu untuk misinya ada lima yang pertama, mendorong percepatan realisasi pembangunan fasilitas infrastruktur dan fisik Kampus B- Jakabaring dalam menunjang pelayanan perkuliahan.

Kedua, menata pembangunan infrastruktur dan fisik Kampus A menjadi rapi, indah, efisien, efektif, serta kondusif.

Ketiga, mengoptimalkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat) UIN RF yang didukung oleh perangkat information technology (IT).

Keempat, membangun sistem kelembagaan yang transparan, akuntabel, kredibel, efisien, dan efektif.

Kelima, menghasilkan lulusan (out-put) yang memiliki keunggulan kompetitif dalam era global, dengan memiliki keunggulan dalam bidang sains keislaman, sains-sosial, sains-humaniora, dan sains-teknologi.

Kemudian ada beberapa program unggulan seperti, sejalan dengan raihan Akreditasi A/Unggul pada level institusi/UIN Raden Fatah Palembang, dalam 4 tahun ke depan (2024-2028) diperlukan optimalisasi peningkatan akreditasi prodi-prodi di lingkungan UIN RF yang belum terakreditasi Unggul/A dan perlunya upaya afirmasi akreditasi prodi-prodi pada PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah VII Sumbagsel

Lalu, optimalisasi menciptakan iklim kampus UIN RF Palembang berstandar Eco-Green Campus yang berkelanjutan bernuansa ilmiah, asri, indah, aman dan islami.

Sebagai upaya optimalisasi pengelolaan UIN RF Palembang ke depan, diperlukan implementasi prinsip-prinsip “Good Governance University (GUG)”, Transparancy, Accountability, Responsibility, Indepedency, dan Fairness.

Pentingnya peningkatan penyempurnaan fasilitas (sarana dan prasarana) perkuliahan di sejumlah prodi dilingkungan Fakultas dan Pascasarjana secara proporsional, wajar, efektif, dan berkeadilan.

Mendorong dosen/tenaga pendidik S2 melanjutkan S3 di berbagai perguruan tinggi dalam negeri dan luar negeri dari berbagai sumber beasiswa serta mendorong tenaga kependidikan meningkatkan profesionalisme dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan yang relevan.

Pentingnya mendorong dosen S3 (Doktor) untuk mempersiapkan dalam memperoleh penghargaan akademik sebagai Guru Besar/Profesor.

Pentingnya peningkatan kuantitas dan kualitas koleksi perpustakaan (library) menuju perpustakaan yang modern berbasis information technology (IT) secara terpadu (pusat dan unit-unit, dan pentingnya optimalisasi penggunaan IT (perpustakaan pusat dan unit-unit di Kampus A & B) dalam pelayanan perkuliahan.

Meningkatkan jumlah mahasiswa baru (dalam negeri dan luar negeri) yang secara langsung atau tidak langsung akan berdampak pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) bersumber dari BLU.

Pentingnya penataan fasilitas sekretariat dan peningkatan sarana-prasarana organisasi kemahasiswaan (ormawa), serta optimalisasi kegiatan mahasiswa dalam meningkatkan pengembangan kepribadian, etika, akhlak, bakat, minat, dan potensinya.

Memperhatikan masih diperlukannya tenaga kesehatan di tanah air, dipandang perlu menjajaki dan mengkaji kembali tentang kemunngkinan pembentukan fakultas baru, yakni Fakultas Kedokteran dan Kemasyarakatan.

Mengupayakan peningkatan anggaran penelitian setiap tahunnya dalam rangka mendorong (kewajiban) dosen-dosen dan GB/Profesor untuk meneliti, berdasarkan pengajuan dan kelayakan proposal penelitian yang diajukan. Hasil penelitian berbentuk artikel yang diupayakan diterbitkan dalam jurnal terindeks Sinta dan Scopus.

No More Posts Available.

No more pages to load.