Hadiri  Interfaith and Intercivilizational Reception, Rektor UIN Raden Fatah: Forum Lintas Agama Harus dilanjutkan Sampai Tatanan Perguruan Tinggi

oleh -146 views
oleh

CorongNews.com – Rektor Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M,Si hadiri forum lintas agama dan peradaban (Interfaith and Intercivilizational Reception). Forum yang dinisiasi oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini berlangsung Hotel Pullman Jakarta Central Park, pada Rabu (10/7/2024).

Hadir langsung dalam kegiatan ini Grand Syaikh Al Azhar Ahmad Al Tayeb, Rais’ Aam PBNU K.H. Miftachul Akhyar, Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas, para pemimpin agama-agama: Katholik, Protestan, Hindhu, Budha dan Kong Hu Cu, bersama perwakilan jemaat mereka masing-masing, serta hampir 300 Rektor dari berbagai perguruan tinggi dan lebih 1000 orang kader dari Muslimat NU, Ansor NU, Fatayat NU, para pelajar putra dan putri NU serta murid-murid Al Azhar.

Forum lintas agama dan peradaban ini juga diikuti secara virtual melalui sambungan internet oleh jama’ah NU di lebih dari 3000 titik di seluruh Indonesia sehingga secara keseluruhan ada lebih dari 300 ribu orang mengikuti dan akan menyimak pesan-pesan Imam Akbar Al Azhar.

 

Dalam pidato sambutannya K.H. Yahya mengatakan bahwa Indonesia adalah Negeri yang seribu tahun lalu menyambut kedatangan Ahlis Sunnah Wal Jama’ah dengan ramah, kemudian merengkuh hidayah Ahlis Sunnah Wal Jama’ah itu sebagai bagian dari peradabannya sambil tetap bersikukuh untuk mempertahankan keramah-tamahannya kepada siapa saja walaupun berbeda, dan terus bertekad melestarikan persaudaraan, kesetaraan dan harmoni ditengah aneka-ragam suku, budaya dan agama-agama.

“terima kasih atas peran Syaikh dan Al Azhar dalam menggaungkan seruan-seruan perdamaian global dari arah Dunia Islam, antara lain dengan memperkenalkan wacana tentang Islam Wasathiyah”, ujarnya.

Lebih khusus, Nahdlatul Ulama harus menyatakan ungkapan terima kasih yang tak terperi, atas jasa Al Azhar selama lebih satu abad ini dalam mendidik pelajar-pelajar kami dengan ilmunya para ulama Ahlis Sunnah Wal Jama’ah untuk menjadi penyuluh-penyuluh dan pembimbing-pembimbing ummat sehingga ulama Azhariyyun bertebaran di lingkungan jam’iyyah dan jama’ah kami.

Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si selaku rektor UIN Raden Fatah Palembang mengungkapkan bahwa forum lintas agama dan peradaban ini merupakan tonggak utama dalam mewujudkan kedamaian umat beragama. Sehingga forum-forum seperti ini perlu dilanjutkan sampai ke tatanan perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi keagamaan.

No More Posts Available.

No more pages to load.