OPINI : MENGENAI KOMUNIKASI POLITIK HERMAN DERU SELAKU CALON GUBERNUR SUMSEL 2024

oleh -284 views
oleh

Palembang, corongnews.com

Di era informasi yang serba cepat ini, komunikasi politik memainkan peran kunci dalam membentuk opini publik dan menentukan keberhasilan seorang pemimpin. Herman Deru, Gubernur Sumatera Selatan, telah menjadi salah satu figur penting dalam politik Indonesia, dengan pendekatan komunikasi yang unik dan seringkali mencuri perhatian. Artikel ini akan mengeksplorasi strategi komunikasi politik yang diterapkan oleh Herman Deru, menganalisis efektivitas pesan-pesannya, serta dampaknya terhadap publik dan reputasinya.

Herman Deru merupakan seorang politisi Indonesia yang mejabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan sejak tahun 2018. Sosok pria kelahiran OKU Timur, Sumatera Selatan ini memiliki nama lengkap Herman Deru, S.H., M.M. Beliau pernah menemuh pendidikan di UNIVERSITAS Shakyakirti Palembang (S1 Hukum), kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di STIE Trisna Negara Belitang (Magister Mangemen).

Herman Deru dikenal dengan tagline “Sumsel Maju untuk Semua”, Herman Deru telah mewujudkan pemerataan pembangunan di seluruh wilayah Sumatera Selatan. Beliau telah memberikan bantuan melalui program Bantuan Gubernur Bersifat Khusus (Bangubsus) untuk membantu proyek-proyek local.

Namun, baru-baru ini Herman Deru terlibat dalam dugaan kasus korupsi terkait pencairan dana hibah untuk Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Kasus ini menimbulkan tekanan untuk memberikan klarifikasi mengenai hal tersebut. Namun, hal tersebut tidak melumpuhkan upaya nya untuk membangun dukungan politik dan mewujudkan visi pembangunan yang merata di Sumatera Selatan.

Pada strategi kampanye sebelumnya Herman Deru dan Timnya melakukan kunjungan ke desa-desa untuk mendengarkan keluhan masyarakat dan membangun hubungan dengan mereka, tak hanya itu tim Herman Deru juga menginap disana untuk meningkatkan chemistry dengan mereka. Herman Deru dan tim nya memiliki 9 program strategis yang dirancang untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, membenahi program sekolah gratis, dan membenahi program berobat gratis.

Herman Deru menggunakan strategi media sosial yang terstruktur untuk meningkatkan citra politiknya. Strategi ini melibatkan berbagai langkah, seperti menggunakan akun Instagram untuk berkomunikasi dengan masyarakat, mengingatkan etika dan taat aturan, mendukung forum admin media sosial, dan mengembangkan kemitraan dengan media. Strategi ini membantu dalam membangun dukungan dari masyarakat dan memastikan bahwa informasi yang disebarkan adalah benar dan etis. Tantangan Herman Deru dalam memenangkan Pilgub 2024 yakni, adanya pesaing yang ketat antar partai-partai politik seperti Golkar, Gerinda, dan PDI-P, kondisi ini membuat persaingan untuk kursi Gubernur Sumatera Selatan sangat kompetitif. Selain itu, Penguasaan Wilayah juga menjadi tantangan bagi Herman Deru lantaran Golkar dan Gerindra telah mendapatkan dukungan yang signifikan di beberapa wilayah seperti Golkar di wilayah barat Sumsel dan Gerindra di Palembang dan wilayah Timur seperti Ogan Komering Ulu Timur.

Selain itu, ada anekdot yang menyatakan bahwa Herman Deru kurang piawai dalam merawat tim, yang dapat mempengaruhi dukungan dari kelompok kepentingan yang pernah mendukungnya.

Herman Deru di kenal memiliki gaya komunikasi yang jelas dan terbuka. Dalam berbagai platfromdan pertemuan publik, Herman Deru seringkali menggunakan bahasa yang mudah di pahami oleh masyarakat luas. Hal ini membantu dalam membangun keterhubungan emosional dengan pemilih.

Pesan kampanye yang disampaikan oleh pasangan Herman Deru cenderug berfokus pada pembangunan ekonomi daerah, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan infrastruktur. Dalam era yang digital ini pasangan Heman Deru-Cik ujang memanfaatkan platform-platfrom digital seperti Instagram dan Twitter sebagai interaksi langsung dengan pemilih, memberikan informasi terkini dan merespon isu-isu yang berkembang.

Hubungan pasangan Herman Deru-Cak Ujang dengan masyarakat dapat dilihat sebagai kolaborasi yang saling menguntungkan , dimana keterlibatan aktif, komunikasi terbuka, pendekatan inklusif, dan konsistensi dalam menjalankan komitmen merupakan factor utama dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses pembangunan dan pemerintahan.

Komunikasi politik Herman Deru juga menonjolkan komitmennya terhadap visi dan misi untuk memajukan daerahnya. Beliau seringkali menggarisbawahi rencana-rencana konkrit dan langkah-langkah strategis yang akan dilakukan jika terpilih kembali sebagai Gubernur Sumatera Selatan 2024. ( Annisa Maharani Nurmila ,2210702004, Komunikasi Politik)

No More Posts Available.

No more pages to load.