24 Tempat Wisata di Bengkulu Paling Menawan dan Favorit

oleh -510 views
oleh
SriwijayaAktual.com – Wisata Bengkulu-Bengkulu merupakan satu dari tiga propinsi yang memiliki ibukota sama dengan nama propinsinya. Propinsi ini merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi  luar biasa di bidang pariwisata. Bengkulu sangat erat kaitannya dengan penjajahan Inggris di Indonesia. Bengkulu akan megingatkan Anda pada Sir Thomas Stamford Raffles yang diangkat oleh Kerajaan Inggris untuk menjadi Gubernur Bengkulu tahun 1818.Rafleslah yang menghidupkan kembali Bengkulu bersama rakyat ketika itu.

Dari kisah tersebut menunjukkan Bengkulu kaya dengan objek wisata sejarah yang luar biasa. Selain sejarah, alam Bengkulu juga sangat indah dan menarik. Bengkulu memang kaya dengan pesona budaya, sejarah, alam dan kearifan lokal yang layak menjadi destinasi unggulan wisata Indonesia.Apa saja objek wisata yang ada di Bengkulu ?. Berikut tempat wisata menarik yang dapat Anda kunjungi di Bengkulu.

1. Danau Dendam Tak Sudah

Photo By jejesimanjuntak

Danau yang berlokasi di Kelurahan Dusun Besar, Kecamatan Singaran Pati, Kota Bengkulu ini memiliki luas keseluruhan 557 hektar. Danau ini sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Danau ini memiliki flora dan fauna yang beragam. Pepohonan hijau dan sejuknya angin akan menyambut Anda di tempat ini. 

Danau ini menyimpan beberapa legenda di masyarakat seperti legenda buaya buntung, Keramat Pintu Air, Keramat Danau, lintah raksasa, hingga dam tak sudah. Danau ini akan memberikan Anda sejuta keindahan dan keunikan, jadi tak ada salahnya Anda mengkhususkan waktu untuk mengunjunginya.

2. Pantai Panjang

Pantai Panjang merupakan salah satu pantai terindah yang ada di Bengkulu. Pantai ini hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota Bengkulu.  Pantai ini memiliki pasir putih sangat bersih dan pepohonan pinus menjulang yang membuat pantai ini terlihat indah dan terasa berbeda dari pantai-pantai lainnya yang ada di Indonesia.

Bagi Anda yang ingin menikmati ombak sambil menikmati fasilitas yang lengkap, pantai ini tepat untuk Anda jadikan tempat tujuan wisata Anda selanjutnya.  Pantai Panjang ini ternyata mempunyai banyak fasilitas mulai dari restoran, penginapan, cafe, area bermain untuk anak-anak, pusatnya perbelanjaan, hingga fasilitas untuk olahraga. Wajar jika pantai ini tak pernah sepi setiap harinya.

3. Pantai Pasir Putih

Pantai yang terletak dekat pelabuhan samudra Pulau Baili ini memiliki jarak sekitar 19 km dari pusat kota Bengkulu. Pasir putih dan deburan ombaknya membuat pantai ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Di pantai ini Anda bisa menikmati putihnya pasir pantai sambil berenang dengan deburan ombak pantai ini yang seakan-akan sangat bersahabat menyambut kedatangan para pengunjung.

4. Pulau Tikus

Pulau mungil ini memiliki sejuta pesona yang luar biasa. Pulau yang dapat dijangkau dengan waktu tempuh 30 menit dari kota Bengkulu ini memiliki keindahan dan keunikan yang luar biasa. Bagi para pemancing, pulau ini menjadi salah satu spot yang wajib untuk dikunjungi. Bagi yang ingin snorkeling, pulau ini juga kaya akan terumbu karang dan ikan-ikan cantik. Rasanya keindahan pulau ini sangat pantas jika disandingkan dengan keindahan pulau Gili yang ada di Lombok.

5. Pantai Laguna Samudra

Jika Anda ingin menikmati pantai dan menikmati sunset di sore hari, pantai ini layak dijadikan tempat persinggahan bagi Anda. Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari Bintuhan, ibu kota Kabupaten Kaur. Sedangkan jarak dari kota Bengkulu sekitar 240 kilometer atau memakan waktu tempuh sekitar lima setengah jam.Pantai yang terletak di desa Merpas, kecamatan Nasal dikenal sebagai salah satu tempat wisata keluarga favorit. 

Di pantai ini pengunjung sangat aman untuk berenang karena adanya pembatas karang yang berjarak 100-150 meter dari bibir pantai.Airnya sangat biru sangat kontras dengan pasir putih halus di sepanjang garis pantai. Dan Anda tak perlu khawatir kepanasan karena pohon pinus laut di sepanjang pantai ini membuat sejuk dan indah suasana pantai.

6. Tapak Paderi

sumber : relindapuspitaInstagram 

Tapak Paderi adalah objek wisata pantai yang sangat populer di Bengkulu. Berada tak jauh dari pusat kota, pantai ini menjadi salah satu objek wisata unggulan di Bengkulu.  Letaknya diapit oleh dua pantai yang indah yaitu Pantai Panjang dan Pantai Jakat Kota Bengkulu. Panorama alamnya sangat indah apalagi saat matahari mulai terbenam. Anda dapat menikmati sunset dengan nyaman dan tenang di pantai ini dengan berbagai fasilitas dan jajanan yang lengkap.

7. Benteng Marlborough
Benteng peninggalan inggris ini  memiliki arsitektur yang sangat kental dengan nuansa negara tersebut. Benteng ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang berada di pusat kota Bengkulu dengan kondisi yang bersih dan terawat. Karena letaknya di tengah kota dan berdekatan dengan Tapak Paderi, fasilitas yang ada akan membuat perjalanan wisata ke benteng ini menjadi lebih menarik.

8. Rumah pengasingan Bung Karno
Inilah objek wisata sejarah yang mesti Anda kunjungi di Bengkulu. Lokasinya berada di jalan Soekarno-Hatta, Anggut, Bengkulu. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp2.500 Anda dapat melihat koleksi barang-barang milik Bung Karno seperti koleksi buku-buku yang jumlahnya sekitar 303 buku, lukisan, foto, sepeda, kursi meja, hingga tempat tidur.

9. Telaga Puteri Tujuh Warna
Rasanya sangat sulit menemukan tempat wisata lain seperti telaga ini. Untuk mencapai telaga ini, Anda harus menempuh jarak 70 km dari Kota Bengkulu. Kawasan telaga ini memiliki luas sekitar 50 hektare. Telaga ini memiliki berbagai warna dengan panorama alam sekitar yang benar-benar menakjubkan.

10. Taman Wisata Dio Bagite
Sebuah objek wisata yang terletak di kota curup. Kebun Binatang ini memiliki koleksi satwa yang cukup lengkap serta kolam pemancingan, kolam renang, kolam air panas dan mandi uap. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang ingin menikmati wisata keluarga bersama anak-anak Anda.

11. Danau Picung
Danau yang terletak di sebelah utara Muara Aman ini merupakan objek wisata menarik yang terletak di kabupaten Lebong. Berada bersebelahan dengan rumah dinas bupati Lebong, danau ini menawarkan panorama alam yang luar biasa dan fasilitas yang cukup lengkap. Merupakan objek wisata unggulan kabupaten Lebong danau ini memiliki daya tarik favorit dan tujuan utama wisata setempat.

Tiket masuk ke danau ini R2.500,- dengan beberapa fasilitas yang ada di lokasi ini, gratis untuk aneka sarana permainan terkecuali perahu gowes atau bebek-bebek, yang dipatok Rp 25 ribu sekali naik, serta perahu motor (speedboat) dengan tarif Rp 10 ribu per orang.

12. Parr and Hamilton Monuments
Satu lagi bangunan bersejarah yang ada di kota Bengkulu yaitu tugu Parr and Hamilton Monuments. Lokasinya sangat berdekatan dengan Benteng Malbourgh. Kedua bangunan ini adalah tugu yang di dalamnya terdapat makam, oleh sebab itu kedua bangunan ini dijuluki sebagai kuburan bule oleh masyarakat setempat.

13. Tanah Lot Lais
Karena keindahannya tanah lot Lais menjadi objek wisata Bengkulu Utara. Panorama alam yang indah, deburan ombak dan tebing-tebing akan membuat Anda terpukau akan keindahannya. Berjarak 100 kilometer dari kota Bengkulu, tanah Lot Lais dapat diakses melalui perjalanan darat dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

14. Taman Nanua
Taman yang terletak di pulau Enggano, kabupaten Bengkulu Utara ini merupakan ladang berburu  terbaik karena banyaknya populasi sapi dan kerbau liar. Hutan tropika yang memanjang sampai ke dekat garis pantai ini memiliki flora dan fauna yang beraneka ragam dan indah. Layak Anda jadikan sebagai objek wisata unikyang harus dikunjungi.

15. Danau Musi
Musi, mungkin sangat populer bagi masyarakat karena merupkan nama sungai terpanjang di Sumatera. Namun tak hanya nama sungai, Musi ternyata juga nama sebuah danau indah yang ada di Propinsi Bengkulu. Lokasi tepatnya adalah di Desa Suro Kecamatan Ujan Mas, Kabupaten Kepahiang. Berjarak 80 kilometer dari kota Bengkulu atau memakan waktu tempuh kurang lebih dua jam perjalanan darat.

Objek wisata ini dapat dijadikan sebagai salah satu pelepas rasa penat dengan memandangi aktivitas budidaya ikan air tawar yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

16. Danau Mas Harun Bastari

Inilah danau indah yang posisinya sangat strategis. Danau indah yang terletak 17 kilometer dari Kota Curup ini memang sangat indah. Danau jernih dengan pulau yang berbentuk huruf C di tengahnya ini berpadu dengan pemandangan cantik dari bukit-bukit dan perkebunan masyarakat. Sangat tepat jika Anda singgah dan menikmati keindahan danau ini. 

17. Danau Gedang dan Bukit Menghijau di Bengkulu Utara

Danau yang menjadi Andalan wisata Bengkulu utara ini memang sangat indah. Perpaduan antara pepohonan, air danau dan aktivitas warga serta fasilitas yang ada membuat danau yang berjarak 24 kilometer ini layak Anda kunjungi. Bukit-bukit menghijau di sekeliling danau ini benar-benar indah dan membuat mata Anda enggan berkedip.

18. Danau Tes
Danau ini merupakan danau terbesar yang ada di propinsi Bengkulu yang sangat elok di pandang mata. Danau yang terletak di Kecamatan Lebong Selatan ini di kelilingi hijaunya pepohonan dan bukit-bukit yang berada di Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat.

19. Taman Berburu Seblat
Ini adalah objek wisata lainya yang menarik di Bengkulu Utara yaitu taman berburu seblat. Bagi Anda para pencinta alam liar, taman ini rasanya sangat pantas menjadi tempat Anda berburu satwa liar yang diizinkan oleh pemerintah.

20. Taman Wisata Konak
Nah inilah taman indah yang teletak di Kepahiang. Taman ini memiliki konsep wisata terpadu dengan konsep alami dan modern. Berbagai fasilitas wisata akan anda nikmati di taman ini.

21. Pantai Jakat
Ini dia satu lagi pantai cantik yang ada di Bengkulu. Panorama Sunrise dan Sunset di sore hari dari pantai ini sangat tersa romantis jika berpada dengan deburan ombak dan hembusan angin yang sejuk. Pantai yang berdekatan dengan pantai panjang ini memiliki fasilitas lengkap dan bangunan yang telah di tata rapi oleh pemerintah. Selain keindahan alam, jajanan di sekitar pantai layak Anda rasakan sebagai pengalaman berwisata kuliner di Bengkulu.

22. Air Panas dan Air Terjun Suban
Air panas dan air terjun suban merupakan objek wisata yang bisa Anda kunjungi di curup. Pemandian air panas suban sangat bersih dan tertata, sehingga wajar para pengunjung senantiasa ramai. Sedangkan air terjunnya berada dekat pemandian tersebut. Kedua objek wisata ini terpadu indah dan layak Anda jadikan persinggahan di Bengkulu.

23. Bunga Raflessia Arnoldy Rejang Lebong
Bunga yang terkenal ini dapat Anda temui di Kabupaten Rejang Lebong. Bunga ini merupakan ikon propinsi Bengkulu karena bunga langkai ini merupakan bunga terbesar yang ada di dunia.

24. Sungai Air Putih di Tambang Sawah
Merupakan aliran air panas yang mengalir ke sungai. Air Putih merupakan tempat wisata sumber air panas yang sangat menarik yang terletak kurang lebih 10 Km sebelah Timur dari Kota Muara Aman di Desa Air Kopras. Objek wisata ini sangat indah dan menarik dengan menawarkan atraksi air panas yang keluar dari perut bumi, dengan pemandangan alam indah yang bernuansa pedesaan. So, tunggu apalagi segera kunjungi air panas ini.

Nah, itu dia 24 tempat wisata yang layak Anda jadikan tujuan wisata di Bengkulu. Masih banyak sebenarnya yang benar-benar indah dan kaya. Seperti Budaya di Bengkulu, upacara Tabut merupakan atraksi budaya yang sangat indah dan layak dinanti-nantikan bagi para pencinta wisata nusantara. [*]

No More Posts Available.

No more pages to load.